Jelaskan Cara Menafsirkan / Menarasikan Puisi Lengkap

Menafsirkan/Menarasikan Puisi 
Beberapa hal yang perlu dilakukan dalam rangka menafsirkan sebuah puisi, yaitu : 

1. Memahami judul Puisi Mustofa Bisri di atas berjudul Kepada Semut. Judul saja memang tidak  selalu memberikan gambaran yang jelas terhadap isi puisi, tetapi paling tidak mengarahkan perhatian kita teradap semut, binatang, atau wacana kefabelan (fabel=penokohan binatang dalam karya sastra).

2. Memahami latar Semua piranti wacana yang menjelaskan perihal tempat, waktu, keadaan sosial, keadaan kultural, peristiwa, sejarah, dsb. biasa disebut latar. 

3. Memahami kata ganti Kata ganti (pronomina) adalah kata yang menggantikan nomina atau frase nominal. Siapakah kami dalam puisi Kepada Semut ? Kami  adalah rayap, kecoa, tikus, ular, bahkan manusia.

4. Memahami majas Majas adalah kekayaan bahasa seseorang yang dimanfaatkan dalam berkomunikasi  untuk mencapai efek-efek tertentu, baik efek semantik, maupun efek estetik. Memahami majas  menyangkut: jenis majas, alasan penggunaan, dan efek semantik dan efek estetik.

Jelaskan Cara Menarasikan/Menafsirkan Puisi Lengkap


5. Memahami baris dan bait Pada puisi Mustofa Bisri di atas baris pertama mengungkapkan adanya percakapan antara  semut dan rayap. Puisi tersebut ditulis dalam satu bait, melukiskan kemunafikan.

6. Memahami tipografi dan enjambemen


Itulah beberapa cara untuk Menafsirkan atau Menarasikan Puisi
Kurang lebih Saya minta maaf. Jangan Lupa Berlangganan untuk mendapatkan informasi terbaru dari blog Kami GAUNGWIAN

Related Posts

Posting Komentar